Catatan Medic Sumber Terpercaya

Find Us On Facebook

Kista Ganglion

Kista Ganglion

Kista Ganglion atau disebut juga ganglia, merupakan benjolan bukan kanker yang paling sering terjadi di sepanjang tendon atau sendi pada pergelangan tangan atau tangan, tetapi bisa juga terjadi pada pergelangan kaki atau kaki. Ganglia biasanya berbentuk bulat atau oval dan terisi cairan seperti jelly.

Ganglia biasanya tumbuh secara spontan pada orang-orang yang berusia 20-50 tahun dan 3x lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

PENYEBAB

Penyebab terbentuknya ganglia (kista ganglion) di pergelangan tangan belum diketahui, meskipun mungkin berhubungan dengan riwayat cedera sebelumnya. Ganglia pada punggung jari biasanya berhubungan dengan radang sendi (artritis) pada sendi terakhir di jari. Namun, pada sebagian besar kasus, adanya ganglia tidak berarti disertai dengan radang sendi.

GEJALA
  • Ganglia (kista ganglion) merupakan benjolan bulat atau oval yang bersifat keras dengan permukaan licin, yang menonjol dari permukaan kulit.
  • Ganglia mengandung cairan bening yang biasanya lengket dan seperti jelly.
  • Ukuran ganglia bisa sekecil kacang polong atau lebih besar, sampai sekitar 2.5 cm.
  • Ganglia biasanya terbentuk pada bagian punggung pergelangan tangan, tetapi bisa juga timbul di bagian depan pergelangan tangan dan punggung jari, yaitu beberapa milimeter di bawah kutikula.
  • Ganglia biasanya tidak terasa nyeri, tetapi adakalanya bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.
  • Rasa nyeri bisa timbul jika ganglia menimbulkan tekanan pada saraf di dekatnya.

DIAGNOSA

Diagnosa didasarkan dari gejala-gejala yang ada dan hasil pemeriksaan fisik. Beberapa pemeriksaan penunjang dapat dilakukan untuk menyingkirkan kondisi lain yang mungkin terjadi, seperti radang sendi atau tumor, dan untuk menunjukkan adanya kista yang tersembunyi. Pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain :
  1. foto sinar-X
  2. MRI (Magnetic Resonance Imaging)
  3. Ultrasonografi
  4. Diagnosa dapat dipastikan dengan tindakan aspirasi, dimana cairan di dalam benjolan dapat dikeluarkan menggunakan jarum dan syringe.
    Kista Ganglion

PENGOBATAN
  • Sebagian besar ganglia (kista ganglion) akan menghilang dengan sendirinya tanpa terapi, sehingga mungkin tidak diperlukan pengobatan.
  • Penderita dianjurkan untuk mengistirahatkan bagian tubuh yang terkena (imobilisasi), karena aktivitas bisa menyebabkan ganglia bertambah besar. Untuk itu, bisa dianjurkan untuk menggunakan splint atau brace untuk pergelangan tangan.
  • Jika ganglia tidak terlihat, menimbulkan rasa tidak nyaman, atau terus bertambah besar, maka perlu dilakukan tindakan untuk mengambil cairan di dalamnya (aspirasi). Tindakan ini efektif untuk mengatasi ganglia pada sekitar 50% penderita.
  • Pada sekitar 50% penderita, mungkin perlu dilakukan tindakan pembedahan untuk mengangkat ganglia. Ganglia bisa muncul kembali pada sekitar 5-15% penderita.
    Kista Ganglion
0 Komentar untuk "Kista Ganglion"

Back To Top